Babinsa Sukses Berantas Miras di Barrang Lompo

M Haris Syah
Pulau Barrang Lompo

Jika di Kota Makassar sedang rawan-rawannya tindak kriminal, tidak demikian halnya di Pulau Barang Lompo. Gugus pulau terluar Makassar tersebut saat ini diklaim jauh lebih aman dan nyaman sebagai tempat tinggal.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Pulau Barang Lompo, Serda Syamsuddin. Menurutnya Barang Lompo dulunya juga marak tindak kriminal, seperti pencurian dan perkelahian. Hal tersebut disebabkan, terdapat puluhan pengoplos minuman keras (miras) sehingga warga dapat dengan mudah mabuk dan bertindak mengganggu keamanan dan ketertiban.

"Tercatat, terdapat 15 hingga 20 penjual miras oplosan. Mereka beli miras jenis Sopi asal Maluku, kemudian dioplos dengan bir. Kalau sudah mabok berat, pasti kacau lagi," kata Syamsuddin.

Selama setahun terakhir, Babinsa menggandeng lurah dan tokoh masyarakat lain untuk berkomitmen memberantas miras tersebut. Mereka melakukan pendekatan persuasif dengan cara mendatangi penjual dari pintu ke pintu. "Kami berikan peringatan juga, kalau masih membandel mirasnya kami tumpahkan agar tidak disalah gunakan lagi," jelasnya.

"Kami juga mengawasi dari mana mereka mendapat miras oplosan. Hasilnya, penjual miras oplosan menurun drastis hingga dua atau tiga warga, itupun mereka lakukan sembunyi-sembunyi, tetapi kita akan tetap berantas," kata tokoh masyarakat Barang Lompo, Haji Bahar.

Ketua RW 4 tersebut mengapresiasi kinerja Babinsa yang aktif menggerakkan masyarakat melawan miras. Dampaknya, kehidupan 4500 warga yang menghuni pulau tersebut kini jauh lebih aman. Warga juga menaruh kepercayaan tinggi terhadap Babinsa, sehingga kerap mengadukan masalahnya kepada Serda Syamsuddin.

"Kehidupan warga disini sederhana, masalahnya juga sederhana. Tetapi jika tidak ditangani dengan benar bisa kacau. Untunglah tokoh masyarakat  sadar dan aktif membantu saya mewujudkan keamanan," pungkas Syamsuddin. (ris)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akik Yaman, Simbol Persatuan Mahzab

Laporan Aktualisasi; Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VI B di UPT SD Negeri 1 Enrekang

Sayyid Jamaluddin, Sisipkan Ajaran Tauhid pada Budaya Lokal (bag.2)