Beberapa Bulan yang Membanggakan


M Haris Syah (mantan jurnalis Tribun Timur, TribunSidrap.com)
Saya menjadi jurnalis sejak Maret 2014. Namun baru pada akhir 2018, merasakan bergabung bersama Tribun Timur. Lalu resign pada 2019. Singkat memang. Tapi berat sekali rasanya saat surat resign itu ku-amplop-kan bersama dua kartu pers saya. Kartu pers paling keren yang pernah kupunya.
Saya harus mengumpulkan banyak energi dan keberanian untuk menyampaikan pengunduran diriku. Berat sekali. Sampai saya tidak bernyali untuk datang ke newsroom, atau bahkan sekadar menelpon.
Para senior di Jalan Cendrawasih mengajarkan banyak sekali. Hyper Local, militansi ala Tribun, trik membuat breaking news, running news, sampai berita video. Itu semua sejatinya bukan hal baru, tapi Tribun melakukannya dengan gaya berbeda. Keren pula.
Redaksi dan sistem kerjanya tertata rapi dan efisien. Target kerja dan evaluasi sangat detail lewat Key Performance Indicator. Di Sulsel, bahkan mungkin di Indonesia, saya berani bilang Tribun unggul dalam banyak hal dibanding media lainnya.
Lebih dari itu, Tribun 'menyelamatkan' karir jurnalistik saya. Setelah beberapa bulan menganggur pasca mendampingi paslon Pilkada beberapa daerah, saya kesulitan mendapat pekerjaan sesuai portofolio saya. Kerjaan dengan gaji yang cukup untuk menghidupi keluarga dan membayar cicilan rumah.
Saya mengirim lamaran ke beberapa media nasional meski waktu itu mereka tidak membuka loker. Waktu pak Tamsil membaca berkas lamaranku, dia bilang 'oh, job seeker ma mi ini Haris'.
Beberapa bulan kemudian, saya sedang baring-baring di mesjid saat pak Tamsil menelpon meminta saya datang ke newsroom. Saya diminta ikut pelatihan. Berkas-berkas modul pelatihan itu masih kusimpan rapi hingga sekarang.
Kini, sudah 16 tahun Tribun Timur berkarya untuk pembaca. Saya percaya, jurnalis adalah salahsatu pekerjaan yang berberkah. Tentu dengan viewer jutaan pembaca per hari, Tribun telah membantu banyak orang.
Meski kritik terhadap cara Tribun menyajikan berita kerap terdengar, namun saya melihat, Tribun masih kokoh menjalankan tugas berat surat kabar. Seperti Finley Peter Dunne bilang; 'to comfort the afflicted and to afflict the comfortable'
Karenanya, saya ingin bilang bahwa bergabung bersama Tribun Timur adalah salah satu kebangaan terbesar dalam hidup saya.
Selamat dan sukses milad ke-16 tahun. Tahun lalu masih ada fotoku pada logo HUT ke-15 nya. Harapan saya, semoga seluruh awak redaksi Tribun Timur dilimpahkan kesehatan dan keberkahan dalam bertugas. Begitu pula yang sudah alumni. Aamiin.

Komentar

  1. If you're looking to lose weight then you absolutely need to try this brand new custom keto plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks have united to provide keto meal plans that are powerful, suitable, price-efficient, and satisfying.

    From their launch in early 2019, hundreds of individuals have already transformed their figure and well-being with the benefits a good keto plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones offered by the keto plan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akik Yaman, Simbol Persatuan Mahzab

Laporan Aktualisasi; Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VI B di UPT SD Negeri 1 Enrekang

Sayyid Jamaluddin, Sisipkan Ajaran Tauhid pada Budaya Lokal (bag.2)